Kamis, 20 November 2008

LITURGI MINGGU ADVENT I

LITURGI
MINGGU ADVENT I
GEREJA KRISTEN PASUNDAN (GKP)

Minggu, 30 November 2008

Tema:
“Kamulah Orangnya!: Bangkit dari keterpurukan, berkarya dalam penantian, berusaha dalam pengharapan, berjuang di dalam keyakinan akan pertolongan Tuhan”

PERSIAPAN
-Doa Konsistori
-Saat Teduh diiringi Instrumentalia Musik.
-Pokok-pokok Warta Jemaat oleh MJ

PROSESI MASUK
MJ : Saudara-saudara, hari ini kita akan memasuki Minggu Advent Pertama. Minggu Advent adalah
masa persiapan, penantian dan pengharapan bagi kita. Persiapan hati kita memasuki Natal,
penantian kita akan kedatangan Tuhan yang kedua kali dan pengharapan akan pertolongan dan
pemulihan dari Tuhan. Mari kita bangkit berdiri, dan menyambut kedatangan Minggu Advent
yang pertama ini dengan memuji Tuhan dari KJ No. 81:1-3 “O Datanglah Imanuel”


Pelayan Firman dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah. Seorang Majelis Jemaat membawa lilin Advent yang menyala dan menempatkannya di meja Altar.

VOTUM DAN SALAM

PF : Ibadah Minggu Advent I ini terjadi karena pertolongan kita adalah di dalam nama Tuhan yang
menciptakan langit dan bumi.
J : Amin
PF : Salam Sejahtera bagi Saudara yang menantikan datangnya Sang Imanuel!
J : Salam Sejahtera bagi Saudara juga!

NAS PEMBIMBING

PF : Nas Pembimbing dalam Ibadah Minggu Advent I ini diambil dari I Korintus 1:27-29 ………………
J : (Menyanyikan) PKJ No. 265:2 “Bukan Karena Upah-Mu”

DOA SYUKUR (duduk)

MJ : Saudara-saudara…
Betapa kita patut bersyukur atas segala kasih dan setia Tuhan. Hari demi hari kita lalui, badai dan gelombang silih berganti menerpa kehidupan kita. Namun karena anugerah-Nyalah kita diberikan kekuatan hingga tegar berdiri saat ini. Karenanya mari kita naikkan syukur kita kepada Tuhan. Yang akan kita awali dengan doa syukur kita secara pribadi kepada Tuhan di dalam Saat teduh

Umat Bersyukur secara pribadi dengan diiringi instrument musik dari PKJ No. 299 “Bersyukur Puji Tuhan”

MJ : Syukur kami haturkan ke hadirat-Mu yang kudus ya Allah Bapa, karena kasih setiaMu kepada kami sepanjang kehidupan ini. Kami bersyukur atas keselamatan yang telah Engkau berikan di dalam Putera-Mu Yesus Kristus sehingga kami dilayakan untuk datang menghadap tahtaMu yang Kudus.
J : Menyanyikan PKJ 299 (2x)
MJ : Kami bersyukur atas pergumulan dan persoalan yang kami hadapi di dalam keluarga karena ditengah-tengah persoalan tersebut kami percaya ada tangan kasihMu yang senantiasa menopang dan menguatkan kami.
J : Menyanyikan PKJ 299 (2x)
MJ : Kami bersyukur atas persekutuan kami, Gereja Kristen Pasundan, yang telah Engkau sertai dan berkati. Kendati begitu banyak tantangan dan masalah yang kami hadapi baik dalam kehidupan berjemaat, klasikal dan sinodal, kami tetap dimampukan untuk terus melangkah, terlebih di tahun ini kami memasuki usia yang ke 74 tahun. Itu semua karena kasih setiaMu.
J : Menyanyikan PKJ 299 (2x)
MJ : Kami bersyukur atas tahun-tahun yang Engkau nyatakan bahkan pada hari ini kami memasuki Minggu Advent I, minggu persiapan pengharapan dan penantian. Selama 4 minggu ke depan mampukan kami untuk terus memaknai Advent dalam kehidupan pribadi, keluarga, persekutuan dan kehidupan bermasyarakat.
MJ + J : Terpujilah Engkau ya Allah Bapa didalam Yesus Kristus, sekarang sampai selama-lamanya, Amin!

PENGAKUAN DOSA

PF : Mari kita berdoa:
Tuhan, sungguh kami menyadari bahwa hidup yang kami jalani begitu berat. Keterpurukan seringkali kami hadapi, kegagalan dan kehancuran menjadi makanan kami. Kami tiada berdaya, kami hanya dapat terdiam dalam kesesakan.
J : Kami mengakui Tuhan bahwa di dalam kesesakan dan kehancuran yang dihadapi kami tidak mau untuk menatap cahaya kasih-Mu, dosa telah menyilaukan kami
PF : Kehancuran disebabkan karena ketamakan kami, terlebih akan berkat yang telah Engkau nyatakan melalui alam: tanah, pohon, air, udara kami rusak tanpa memikirkan masa depan. Sungguh kami tidak mampu memelihara itu semua.
J : Sungguh kerusakan alam dan lingkungan telah membuat kami terpuruk dalam krisis yang berkepanjangan: banjir dan longsor datang silih berganti, pemanasan global terus menghantui kami.
PF : Namun kami percaya bahwa Engkau Allah yang tidak membiarkan kami jatuh dalam kehancuran. Kami percaya Engkau akan memulihkan bahkan membaharui kehidupan. Karenanya ampunilah dan kasihilah kami yang berdosa ini.
J : Mampukan kami ya Tuhan untuk juga mau membenahi apa yang telah Engkau anugerahkan. Mampukan kami untuk memperbaiki dan membaharui alam dan lingkungan mulai dari hal-hal yang sederhana.
P+J : (Menyanyikan) PKJ No. 37:1-2 “Bila Kurenung Dosaku Tuhan”

BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN

PF : Jemaat Tuhan, bagi kita yang dengan penuh ketulusan merendahkan hati di hadapan Tuhan kini dengarkanlah Firman-Nya: “Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. Jika kamu mau menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu”
(Yes. 1:18-19)
J : Berdiri dan menyanyikan KJ No. 36:1-2 “Dihapuskan Dosaku”

PEMBACAAN MAZMUR (berdiri)
(Secara berbalasan dari Mazmur 44:1-9 diakhiri dengan pujian dari KJ No. 48)

PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN duduk

• Doa Eplikese
• Pembacaan Alkitab : Hakim-hakim 6:11-24
• Selesai pembacaan Alkitab:
PF : “Berbahagialah Setiap Orang yang mendengar Firman Tuhan …
J : (Menyanyikan) Maranatha… Maranatha… Maranatha
• Khotbah

PADUAN SUARA/VOCAL GROUP

PENGAKUAN IMAN RASULI berdiri

PERSEMBAHAN SYUKUR

MJ : Saudara-saudara, marilah kita datang kehadirat Tuhan dengan membawa persembahan
syukur kita, sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan kepada Allah”.

(Persembahan diiringi dengan nyanyian PKJ No. 264:1-3 “Apalah Arti Ibadahmu”)

DOA PERSEMBAHAN (berdiri)
PF : Allah yang penuh kasih, saat bumi seolah tidak lagi bersahabat sehingga begitu sulit bagi kami untuk memetik hasil dari alam ciptaan-Mu, saat kami terpuruk dalam kesulitan dan ketiadaberdayaan, sungguh kami bersyukur karena Engkau tidak meninggalkan kami. Ada banyak cara yang engkau pakai untuk memenuhi kebutuhan kami. Bahkan saat ini, kami diberi kesempatan untuk mempersembahkan apa yang sudah Engkau limpahkan. Ajarlah kami untuk dapat mempersembahkan apa yang kami miliki dengan ketulusan dan kerendahan hati, bahkan ajarkan kami untuk menjadi saluran berkat-Mu bagi sesama kami, dengan demikian berkat-Mu akan semakin melimpah di tengah-tengah kehidupan pribadi, keluarga bahkan persekutuan kami. Di dalam Kristus Yesus kami berdoa dan bersyukur,
J : Amin

PADUAN SUARA/VOKAL GROUP (duduk)

DOA SYAFAAT (Diakhiri bersama-sama berdoa “Bapa Kami”)

PENGUTUSAN DAN BERKAT (berdiri)

PF : Pada Minggu Advent I ini, Saudara telah mendengar Firman Tuhan, untuk menyadari bahwa Tuhan hadir dan berkarya dalam kehidupan kita. Mari kita memaknai Advent I ini tentang pemulihan dan pertolongan Tuhan: Mari kita bangkit dari keterpurukan kita, mari kita berkarya dalam penantian kita, mari kita berusaha dalam pengharapan kita dan mari kita berjuang di dalam keyakinan akan pertolongan dan pemulihan dari Tuhan! Lakukanlah itu dengan penuh semangat dalam kerendahan hati dan ketulusan bagi kemuliaan nama Kristus.

J : (Menyanyikan) KJ No. 412:1-2 “Tuntun Aku, Tuhan Allah”

PF : Dan kini terimalah berkat Tuhan:

“Kiranya Allah Bapa mangaruniakan damai sejahteraNya didalam kasih karunia Yesus Kristus, dan didalam pemeliharaan RohNya Kudus, menyertai Saudara-Saudari sekalian, sekarang dan selama-lamanya. Amin!

J : (Menyanyikan) Amin…. Amin … Amin




Saat Teduh

_____ Ibadah Selesai _____

Tidak ada komentar: