Minggu, 02 November 2008

PELAYANAN KE GKP CIKEMBAR

Dalam rangka pembukaan Pekan Keluarga GKP memperingati HUT Ke-74 GKP, maka dilakukan pertukaran PF se sinode GKP dan saya mendapat tugas melayani GKP Cikembar, Sukabumi.
Hari Sabtu kemarin sekitar Pkl. 14.00 saya pergi ke Cikembar, dimulai dengan naik bus Kramat Jati jurusan Bekasi-Bogor. Buset deh... lama bgt jalannya biasa cari muatan, jalan santai kayak keong, heheheheh. Sampai di Bogor hampir jam 5 sore, trus lanjut naik bus 3/4 Putera Bahari jurusan Pelabuhan ratu. Memasuki Ciawi mulai turun hujan, dan kemacetan mulai terjadi. Udah gitu bus mengangkut penumpang diluar batas, berdesak-desak, panas, sempit, pengap, bocor pula, asap rokok dimana-mana. Oh..God.. semoga perjalanan cepat sampai. Ternyata perjalanan masih panjang. Hampir pukul 9 malam saya tiba di Cikembar. Wah...sampai juga dengan selamat, sementara gerimis masih melanda, untung saya bawa sweater.
Di gereja ada MJ yang sudah menunggu, dengan penuh keramahan saya diajak ngobrol, minum teh panas, dan makan di lapo depan gereja (sayangnya B2 panggangnya habis...)makan Sop dan Saksang... Karena saya dah letih, abis makan diantar ke rumah MJ yang lain, yang tinggal dekat gereja. Seorang Ibu (MJ Cikembar) menyambut dan kita ngobrol bentar, saya mandi trus ngobrol-ngobrol lagi.
Karena udah ngantuk banget maka jam 12 malam saya pergi tidur (iya lah masa pergi meronda) dan bangun hampir jam 8 pagi (Upsss... padahal jam 9 Kebaktian lho, sebenarnya alarm jam 5.30 berbunyi tapi ya memanjakan diri deh... Mudah-mudah tuan rumahnya ngerti)
Ketika bangun saya disapa oleh suami dari Ibu MJ tsb, dan ternyata... masih ada hubungan saudara dengan saya. Jadi Om ini (saya manggilnya Om) kenal bgt dengan ayah saya, Om-Om saya di Ambon, dan memang satu kampung di Ameth, Nusa Laut)
Wah...wah... saya punya saudara neh di Cikembar.

Singkat cerita jam 9 pagi saya melayani di Cikembar. Semuanya berjalan lancar. Jemaat antusias mengikuti ibadah khususnya khotbah. Ada yang khusus dan spesial ketika saya membawakan renungan (maaf tidak bisa saya jelaskan)

Selesai melayani saya ngobrol-ngobrol dengan Majelis lalu pulang ke rumah Om dan tante saya trus sekitar jam 2 siang kembali ke Bekasi. Perjalanan yang melelahkan dimulai 3 kali berganti kendaraan disertai hujan dan macet sampai basah-basahan. Akhirnya sekitar Pkl. 7-an malam tiba di Bekasi. Diiringi gerimis yang membasahi kota Bekasi.

Kadang saya berpikir enaknya kalau punya kendaraan sendiri, mungkin gak akan kehujanan, lebih cepat sampai, lebih nyaman. Tapi saya sadar, apapun kondisi yang ada skrg tetap harus disyukuri. Perjalanan pp dengan kendaraan umum, ternyata banyak memberi saya kesempatan untuk berefleksi, melihat kehidupan masyarakat dengan segala keberadaannya. Saya belajar dari sini tentang warna-warna kehidupan. Kesederhanaan, kesehajaan, kepolosan dan sebagainya.

Terima kasih Tuhan, atas penyertaan-Mu dalam perjalanan ke Cikembar. Ada banyak hal yang saya pelajari. Terutama saya diperkenalkan dengan Saudara (Om dan Tante) di Cikembar.Tuhan kiranya yang memberkati GKP Cikembar. Amin.

3 komentar:

Josias Tatontos mengatakan...

maju terus dalam pelayanan

Valent mengatakan...

Bro...
Bagaimana dengan pengalaman pelayanan ke GKP Jemaat Depok ?
GBU.

Valent.

Anonim mengatakan...

thax atas Pelayananx...
kpnd' Pelayanan lagi d'Cikembar yaa....



GBU