Kamis, 20 November 2008

LITURGI MINGGU ADVENT III

LITURGI
MINGGU ADVENT III
GEREJA KRISTEN PASUNDAN (GKP)
Minggu, 14 Desember 2008

“Menyambut Mesias Dalam Kekaguman Dan Kerendahan Hati”


PERSIAPAN
-Doa Konsistori
-Saat teduh
-Pokok-pokok Warta Jemaat

PROSESI MASUK
MJ : Menyalakan Lilin Advent III terlebih dahulu lalu berkata:
Saudara sekalian, kedatangan Tuhan Yesus adalah untuk membebaskan dan memulihkan kita umat manusia, mari kita siapkan hati kita untuk menyambut kedatangan-Nya melalui Ibadah Minggu Advent III pada saat ini. Jemaat dipersilahkan berdiri, kita memuji Tuhan melalui Kidung Jemaat no. 76: 1 & 2 ‘Kau Yang Lama Dinantikan’

Pelayan Firman dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah.

VOTUM DAN SALAM
PF : Pertolongan kepada kita adalah dengan nama Tuhan
J : Yang telah menjadikan langit dan bumi
PF : Yang memelihara kesetiaan-Nya sampai selama-lamanya.
J : Dan yang tiada pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya
PF : Salam sejahtera bagi Saudara yang siap menyambut kedatangan Sang Mesias!
J : Salam sejahtera bagi Saudara juga!

NAS PEMBIMBING
PF : Nas Pembimbing dalam Ibadah Minggu Advent III terdapat dalam Yesaya 43:4…
J : Menyanyikan) KJ No. 395: 2&3 ‘Betapa Indah Harinya’

DOA SYUKUR (duduk)
PF : Saudara-saudara, kita patut menyadari kasih dan kesetiaan Tuhan di sepanjang minggu yang telah kita lalu. Oleh karena itu mari kita nyatakan rasa syukur kita kepada Tuhan dalam doa, mari kita berdoa:
Ya Tuhan betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi. Kasih setia-Mu begitu nyata dalam kehidupan kami. Engkau mengangkat kami dari kehinaan menuju kemuliaan cinta kasih-Mu
J : (Menyanyikan) PKJ 14 “Kunyanyikan Kasih Setia Tuhan”
PF : Kedatangan-Mu yang kami nantikan, pemulihan yang kami harapakan, dan anugerah-Mu yang kami harapkan sungguh memberi kami kekuatan untuk terus melangkah dalam keyakinan. Terlebih berkat penyertaan yang telah Engkau berikan melalui hikmat, pengertian, ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu kami untuk terus berkarya dan berprestasi.
J : (Menyanyikan) PKJ 14 “Kunyanyikan Kasih Setia Tuhan”

HUKUM ALLAH
PF : Hukum Allah dalam minggu Advent III ini tertulis dalam Matius 22: 37-40 ………………
J : (Menyanyikan) KJ No. 357:1-4 “Dengar Panggilan Tuhan”


PENGAKUAN DOSA
PF: Saudara-saudara, di sepanjang minggu yang telah kita lewati, ada banyak dosa dan kesalahan yang sudah kita perbuat. Karena itu marilah kita datang kepada Tuhan dengan segala kerendahan hati, kita awali pengakuan dosa kita dengan pengakuan dosa secara pribadi dalam saat teduh......

----Jemaat Bersaat Teduh----

PF : Ya Tuhan, sungguh kami mengakui betapa karya dan anugerahMu untuk mengangkat kami dari kehinaan menuju kemuliaan tidak sepenuhnya kami respons. Kehidupan lama yang penuh kedagingan masih membelenggu diri kami. Hawa nafsu dan keserakahan masih menguasai kami. Kasihanilah kami ya Tuhan!
J : (Menyanyikan) KJ No. 42 “Tuhan, Kasihani”
PF : Sungguh kami pun mengakui bahwa hidup yang penuh tantangan tapi juga kesempatan ini membuat kami terlena dalam prestasi-prestasi diri kami sehingga melupakan Engkau, Sumber hikmat dan pengetahuan sekaligus melupakan sesama kami yang memerlukan pertolongan. Kasihanilah kami Ya Tuhan!
J : (Menyanyikan) KJ No. 42 “Tuhan, Kasihani”
PF : Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuat kami sombong, merasa diri mampu sehingga membuat kami kehilangan kepercayaan dan kebergantungan kepada-Mu. Akibatnya kami pun kehilangan kepercayaan pada sesama kami. Hidup kami dipenuhi kecurigaan satu dengan yang lain, tiada kasih, tiada pengampunan. Kasihanilah kami ya Tuhan!
J : (Menyanyikan) KJ No. 42 “Tuhan, Kasihani”
PF : Betapa hidup kami gersang dan hampa ketika Tuhan tiada di hati kami bahkan tiada dalam sesama kami. Ampunilah kami dan kasihanilah kami ya Tuhan.
J : (Menyanyikan) KJ No. 42 “Tuhan, Kasihani”

BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN & PETUNJUK HIDUP BARU
PF : Saudara-saudara, dengarkanlah Firman Tuhan yang dikatakan sendiri oleh Tuhan Yesus Kristus dari penderitaanNya di salib, sebagai berita anugerah pengampunan dosa bagi kita semua : “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat!” (Lukas 23:34).
Jemaat Tuhan, marilah kita tidak menyia-nyiakan pengampunan yang Tuhan berikan kepada kita dengan memperhatikan petunjuk hidup baru yang diberitakan Injil Matius 25:40 “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”

J : (Berdiri & Menyanyikan) KJ No. 432: 1 & 2 “Jika Padaku Ditanyakan”

PEMBACAAN MAZMUR (berdiri)
MJ : Saudara-saudara mari kita bermazmur dari Mazmur 96. Setelah pembacaan Mazmur kita memuji Tuhan dari KJ 48 ‘Kemuliaan Bagi Bapa’
PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (duduk)
• Doa Epiklese
• Pembacaan Alkitab Mazmur 8:1-10.
• Selesai pembacaan Alkitab,
PF: “Berbahagialah setiap orang yang mendengarkan Firman Allah dan melakukannya dalam
kehidupannya sehari-hari
J : Maranatha... Maranatha... Maranatha (dinyanyikan)
• Khotbah

PADUAN SUARA/VOCAL GROUP

PENGAKUAN IMAN (berdiri)
MJ : Marilah kita nyatakan pengakuan iman kepercayaan kita bersama-sama dengan Gereja dari segala abad dan tempat. Aku percaya……..

PERSEMBAHAN SYUKUR (duduk)
• Salah seorang anggota Majelis membacakan Nas Persembahan : Maleakhi 3:10
• Nyanyian Persembahan dari PKJ 147:1-3 ‘Di Sini Aku Bawa’
• Doa Persembahan (berdiri)
MJ : Allah Sumber berkat dan karunia, kami percaya seluruh kelimpahan dan kecukupan yang kami terima berasal dari padaMu. Ketika kami kehilangan kepercayaan pada orang lain, kami dikecewakan oleh sesama, tetapi tangan kasihMu terus bekerja memberkati hidup kami. Terima kasih atas berkat-berkatMu, dan saat ini kami mempersembahkan apa yang sudah Engkau nyatakan. Kami sadar bahwa persembahan kami ini begitu sedikit bahkan berbeda jauh dengan kelimpahan yang Engkau berikan. Karena itu mampukan kami untuk terus mempersembahkan yang terbaik lagi kepada-Mu, bahkan ajarkan kami untuk menjadi saluran berkat-Mu bagi sesama kami yang memerlukan. Terimalah dan kuduskanlah persembahan ini bagi kemuliaan Nama-Mu. Dalam nama Yesus Kristus kami berdoa:
J : Amin

DOA SYAFAAT (diakhiri Doa Bapa Kami) duduk

PENGUTUSAN & BERKAT (berdiri)
PF : Saudara-saudara, marilah kita menyambut kedatangan Sang Mesias dalam kekaguman dan kerendahan hati. Kekaguman yang dinyatakan melalui syukur kita dengan berbagi kasih dengan sesama yang membutuhkan, dan kerendahan hati untuk terus berkarya dan berprestasi bagi kemuliaan nama Tuhan.
J : (Menyanyikan) KJ No. 424:1-2 ‘Yesus Menginginkan Daku”
PF : Kini Terimalah Berkat Tuhan:

Anugerah dan Damai Sejahtera Allah Bapa, di dalam Tuhan Yesus Kristus dan persekutuan dengan Roh Kudus menyertai Saudara dari saat ini sampai Tuhan datang yang kedua kali.

J : Amin… Amin… Amin… (dinyanyikan)

Saat teduh

Tidak ada komentar: