Kamis, 20 November 2008

LITURGI MINGGU ADVENT II

LITURGI
MINGGU ADVENT II
GEREJA KRISTEN PASUNDAN (GKP)

Minggu, 7 Desember 2008

“Degil Tetapi Tetap Dikasihi: Cinta Kasih Tuhan Memberi Penguatan, Pengampunan Tuhan Memberi Pemulihan, Anugerah Tuhan Memberi Kehidupan”


PERSIAPAN
-Doa Konsistori
-Saat teduh
-Warta Jemaat (MJ membacakan pokok-pokok Warta Jemaat)

PROSESI MASUK
MJ menyalakan lilin Advent II kemudian mengundang jemaat berdiri dan menyanyikan KJ No. 84:1,3 “Ya Yesus, Dikau Kurindukan”.
Pelayan Firman dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah.

VOTUM & SALAM

PF : Ibadah Minggu Advent II ini berlangsung karena pertolongan Tuhan yang
menjadikan langit dan bumi
J : Amin
PF : Salam Sejahtera bagi Saudara yang datang di dalam nama Tuhan
J : Salam Sejahtera bagi Saudara juga

NAS PEMBIMBING
PF : Manusia hidup bukan dari roti saja, melainkan juga dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Karena itu dengarkanlah Firman Tuhan sebagai Nas Pembimbing ibadah saat ini yang terambil dari Roma 8:37……………………..
J : (Menyanyikan) PKJ No. 209:1-2 “Kasih Setia-Mu”


DOA SYUKUR (duduk)

PF : Saudara - Saudaraku, di hari hari Minggu Advent II ini marilah kita menaikan syukur ke hadirat Tuhan. Mari kita berdoa:
Tak dapat dipungkiri, cinta kasih-Mu ya Tuhan senantiasa menyertai kami. Engkau memberi kami kekuatan untuk terus melangkah, bahkan ketika kenyataan hidup berbeda dengan apa yang kami inginkan, Engkau tetap bersama kami
J : (Menyanyikan) Refrein KJ No. 393 “Tuhan, Betapa Banyaknya”
“T’rima kasih, ya Tuhanku atas keselamatanku! Padaku telah Kauberi hidup bahagia abadi”
PF : Bahkan ketika kami larut di dalam gemerlap dunia, diikat oleh hawa nafsu dan keserakahan, Engkau tetap mengampuni kami
J : (Menyanyikan) Refrein KJ No. 393 “T’rima kasih, ya Tuhanku …”
PF : Kami bersyukur atas anugerah yang memberi kami pengharapan akan kehidupan yang kekal. Karenanya kami mau membuka hati untuk menyambut kedatangan-Mu yang membawa penguatan, pemulihan dan anugerah kehidupan.
J : (Menyanyikan) KJ No. 87:1,5 “GapuraMu Lapangkanlah”

PERENDAHAN HATI

PF : Marilah kita merendahkan hati kita di hadapan Tuhan dengan mendengarkan terlebih dahulu Firman Tuhan dari Matius 3:1-12 ………………………………………………… Demikian Firman Tuhan. Mari kita berdoa:
PF : Sungguh kami menyadari ya Tuhan bahwa Kerajaan-Mu sudah semakin dekat, tetapi apa yang sudah kami lakukan sungguh berbeda dengan apa yang Engkau inginkan. Kami telah lalai mempergunakan waktu yang ada, dan mengisinya dengan ketamakan dan keserakahan
J : (Menyanyikan) KJ No. 29:1 “Di Muka Tuhan Yesus”
PF : Sungguh kami mengakui ya Tuhan hati kami begitu degil akan panggilanMu. Kami terlena dalam kedagingan, hasrat dan nafsu diri tanpa mau peduli dengan sesama kami
J : (Menyanyikan) KJ No. 29:2
PF : Ketika dunia saat ini sedang mengalami resesi ekonomi global, maka kami pun terseret dalam pemberhalaan materi, uang dan kekayaan yang semakin menyebabkan krisis berkepanjangan. Kepanikan kami akan krisis ekonomi yang terjadi membuat kami dibelenggu oleh kecemasan, kegelisahan, ketakutan sehingga kami bersikap egois dan tertutup untuk menjadi berkat.
J : (Menyanyikan) KJ No. 29:3
PF : Ampuni dan kasihani kami Ya Tuhan, karena kami sadar Engkaulah satu-satunya yang mampu memberi kami kekuatan, yang memberi kami pengampunan dan memberi kami kehidupan. Biarlah di Minggu Advent ini kami semakin disadarkan untuk terus terikat dan berpaut hanya kepada-Mu ya Tuhan Sumber Pengharapan kami yang sejati.
J : (Menyanyikan) KJ No. 29:4 “Di Muka Tuhan Yesus”

BERITA ANUGERAH PENGAMPUNAN & PETUNJUK HIDUP BARU

PF : Bagi kita yang dengan penuh kejujuran dan ketulusan merendahkan diri dan hati di hadapan Tuhan, maka sekarang dengarlah Firman Tuhan dari Yoh. 3: 16 “Karena begitu besar …” Dan dengarlah pula penguatan yang diberikan Tuhan bagi kita dari Matius 6:31-33 “Sebab itu janganlah kamu kuatir …. maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”
J : ( Berdiri & Menyanyikan) Kidung Kabungahan No. 25:1-2 “Hate Teu Weleh Heran”

PEMBACAAN MAZMUR
Mazmur 53 (Berdiri dan bersahutan diakhiri dengan nyanyian KJ No. 48)

PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN (duduk)
• Doa permohonan bimbingan Roh Kudus
• Pembacaan Alkitab: Hosea 11:1-11
• Selesai pembacaan Alkitab:
PF : “Berbahagialah Setiap Orang yang mendengar Firman Tuhan ….”
J : (Menyanyikan) Maranatha… Maranatha… Maranatha
• Khotbah

PADUAN SUARA/VOKAL GROUP

PENGAKUAN IMAN RASULI (berdiri)
MJ : Marilah kita bangkit berdiri untuk menyatakan Pengakuan Iman Percaya kita bersama dengan Gereja dari segala abad dan tempat, dengan menyanyikan KJ No. 280:1-3 “Aku Percaya”

PERSEMBAHAN SYUKUR (duduk)

• MJ membacakan ayat pengantar persembahan Amsal 3:9-10
• Persembahan diiringi nyanyian KJ No. 292:1-3 “Tabuh Gendang”
• Doa Persembahan (berdiri)
MJ : Allah yang penuh kasih, ditengah-tengah resesi ekonomi yang dunia hadapi, yang berpengaruh terhadap ekonomi di negara kami, di tengah-tengah harga-harga kebutuhan pokok yang terus naik, bahkan di tengah-tengah usaha dan pekerjaan kami yang terkadang mengalami kendala, sungguh kami tetap bersyukur karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami. Kami tidak dibiarkan kekurangan bahkan kelaparan. Itu semua karena kami yakin dan percaya Engkau Allah yang peduli, Allah yang penuh kasih. Bahkan kami dimampukan saat ini untuk memberikan persembahan kepada-Mu. Terimalah dan kuduskanlah persembahan kami ini agar menjadi berkat dalam pelayanan Gerejamu sehingga Nama-Mu lah ya Tuhan yang semakin dipermuliakan. Ajarlah kami pula untuk memandang uang dan harta sebagai sarana bukan tujuan, sehingga kami tidak memberhalakan uang dan harta kekayaan melainkan Engkaulah ya Tuhan sebagai tujuan dan yang utama dalam hidup kami. Di dalam Kristus Yesus kami berdoa dan bersyukur,
J : Amin

DOA SYAFAAT, diakhiri dengan Doa Bapa Kami. (duduk)

PENGUTUSAN DAN BERKAT (berdiri)

PF : Saudara - Saudaraku, pesan Ibadah Minggu Advent II ini adalah kita diajak untuk lebih memaknai hidup ini. Kita dipanggil untuk selalu mensyukuri kasih setia Allah. Kasih-Nya sungguh nyata memberi kita kekuatan, pengampunan-Nya memberi kita pemulihan dan Anugerah-Nya memberi kita kehidupan. Karena itu jagalah hatimu agar tetap bersih, bangunlah dirimu agar tetap kokoh, peliharalah kehidupanmu agar tetap menjadi berkat. Upayakan semua itu dengan pengharapan kepada Tuhan, yang sedang kita nantikan kedatanganNya kembali.

J : (Menyanyikan) PKJ No. 179:1-2 “Kasih Paling Agung”

PF : Kini terimalah Berkat Tuhan:

“Tuhan kiranya memberkati dan memelihara Saudara. Tuhan kiranya menerangi Saudara dengan wajahNya, dan mengasihani Saudara. Tuhan kiranya menunjukkan wajahNya kepada Saudara, dan mengaruniakan selamat, Amin

J : Amin, Amin, Amin……


Saat Teduh

_____ Ibadah Selesai _____

Tidak ada komentar: